Review Jurnal Etika Profesi Akuntansi

Judul jurnal penelitian adalah “PENGARUH INDEPENDENSI, PROFESIONALISME, DAN ETIKA PROFESI TERHADAP KINERJA AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI BALI”

Penelitinya adalah Kompiang Martina Dinata Putri dan I.D.G Dharma Saputra

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh independensi, profesionalisme, dan etika profesi terhadap kinerja auditor pada kantor akuntan publik di Bali.

Variabel yang digunakan:
1. Variabel bebas (Independent) dalam penelitian ini yakni independensi, profesionalisme, etika profesi.
2. Varibel terikat (Dependent) yakni kinerja auditor.

Metode yang digunakan adalah Metode Kuantitatif

Hasil Penelitian:
1.   Pengujian Hipotesis pertama (H1)
Pada hipotesis pertama (H1) dikemukakan bahwa independensi berpengaruh positif terhadap kinerja auditor. Untuk menguji pengaruh independensi terhadap kinerja auditor dilihat pada hasil uji statistik dengan SPSS pada Tabel 4.13. Hasilnya  menunjukkan  koefisien  regresi  sebesar  0,075  dengan  probabilitas sebesar 0,01 kurang dari tingkat signifikansi 5 persen (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa independensi berpengaruh positif terhadap kinerja auditor.
2.   Pengujian Hipotesis kedua (H2)
Pada  hipotesis  kedua  (H2)  dikemukakan  bahwa  profesionalisme berpengaruh positif terhadap kinerja auditor. Untuk menguji pengaruh profesionalisme  terhadap  kinerja  auditor  dapat  dilihat  pada  hasil  uji  statistik dengan SPSS pada Tabel 4.13. Hasilnya menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,228 dengan probabilitas sebesar 0,00 kurang dari tingkat signifikansi 5 persen (0,05) sehingga dapat  disimpulkan bahwa profesionalisme berpengaruh positif terhadap kinerja auditor.
3.   Pengujian Hipotesis ketiga (H3)
Pada hipotesis ketiga (H3) dikemukakan bahwa etika profesi berpengaruh positif terhadap kinerja auditor. Untuk menguji pengaruh etika profesi terhadap kinerja auditor dapat dilihat pada hasil uji statistik dengan SPSS pada Tabel 4.13. Hasilnya  menunjukkan  koefisien  regresi  sebesar  0,238  dengan  probabilitas sebesar 0,00 kurang dari tingkat signifikansi 5persen (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa etika profesi berpengaruh positif terhadap kinerja auditor.

Kesimpulan:
Berdasarkan  jabaran  di  atas  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa independensi,  profesionalisme,  dan etika profesi  berpengaruh terhadap  kinerja auditor karena semakin tinggi sikap independensi, profesionalisme, dan etika auditor  seorang  auditor  maka  kinerja  yang  dihasilkan  akan  semakin  tinggi. Auditor yang mampu mengambil posisi independen dalam setiap melaksanakan tugasnya dan memiliki kemampuan yang memadai di bidang profesinya disertai dengan etika kerja yang konsisten maka akan berdampak pada kinerjanya yang semakin berkualitas.

Keterbatasan Penelitian dan Saran:
Hasil penelitian ini hanya dapat dijadikan analisis pada obyek penelitian yang cukup terbatas yaitu profesi auditor pada kantor akuntan publik, dan pemilihan sampelnya hanya pada kantor akuntan publik di wilayah propinsi Bali, sehingga adanya  kemungkinan perbedaan  pada  hasil penelitian dan kesimpulan apabila penelitian   yang dilakukan pada tempat obyek penelitian yang berbeda dengan profesi yang berbeda pula. Selain itu penelitian ini hanya menggunakan 3 variabel yakni independensi, profesionalisme, etika profesi.
Disarankan agar research selanjutnya bisa menambahkan faktor yang mempengaruhi kinerja auditor dan memperluas wilayah yang diteliti bila memungkinkan. Selain itu peneliti menyarankan  bagi kantor akuntan publik agar meningkatkan dan mempertahankan sikap  independensi , profesionalisme, dan etika profesi bagi auditornya agar tidak terjadinya manipulasi laporan keuangan di kemudian hari dan meningkatkan ketiga sikap tersebut agar menghasilkan kinerja yang maksimal.

Jurnal dapat dilihat disini

Sumber: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=82239&val=986

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s